EVALUASI PAKAN

ANALISIS DAN EVALUASI. Keberhasilan usaha peternakan tidak akan terlepas dari ketersedian ransum yang berkualitas baik. Untuk memperoleh ransum yang berkualitas baik, harus disusun dari bahan makanan yang berkualitas baik juga. Disinilah letak pentingnya pengetahuan tentang pakan ternak, karena pengenalan dan pengujian bahan pakan menjadi sangat penting. Evaluasi bahan pakan dapat dilakukan secara fisik, kimia dan biologis. Hal sangat berperan dalam pengujian dan evaluasi pakan yaitu PREPARASI SAMPEL, baik sampel pakan maupun sampel biologis.

PENGUJIAN BAHAN PAKAN SECARA FISIK  merupakan analisis pakan dengan cara melihat keadaan fisiknya. Pengujian secara fisik bahan pakan dapat dilakukan baik secara langsung (makroskopis) maupun dengan alat bantu (mikroskopis). Pengujian secara fisik disamping dilakukan untuk mengenali bahan pakan secara fisik juga dapat untuk mengevaluasi bahan pakan secara kualitatitif. Sebenarnya analisis secara fisik saja tidak cukup, karena adanya variasi antara bahan sehingga diperlukan analisis lebih lanjut, seperti analisis secara kimia atau secara biologis atau kombinasinya.

ANALISIS SECARA KIMIA dapat digunakan untuk mengetahui potensi bahan pakan yang dicerminkan dari komposisi kimia bahan pakan itu. Komposisi kimia bahan pakan secara umum terdiri dari air, protein kasar, lemak kasar, serat kasar dan abu. Analisis secara kimia dapat dilakukan dengan analisis proksimat. Pada awalnya, analisis proksimat merupakan titik awal untuk evaluasi pakan namun karena terdapat kelemahan terutama pada bahan berserat lalu dikembangkan metode yang lebih baik yaitu analisis serat atau Van Soest.

Metode lain yang tak kalah pentingnya ialah evaluasi pakan secara biologis. Evaluasi tersebut dapat dilakukan baik di lapangan seperti EVALUASI PAKAN SECARA IN VIVO, di laboratorium seperti EVALUASI PAKAN SECARA IN VITRO  ataupun kombinasi keduanya, seperti EVALUASI PAKAN SECARA IN SACCO. Untuk menunjang pelaksanaan evaluasi pakan secara in vitro dan in sacco diperlukan ternak BERFISTULA RUMEN.

BAHAN BACAAN:
Feed Evaluation
Method for Evaluation Forage Legumes
Laboratory Procedures in Animal Nutrition Research

2 thoughts on “EVALUASI PAKAN

  1. Tolongin mas! Carikan info fermentasi bekatul untuk pakan puyuh,soalnya aqnya nggak tau cara ngerawat setelah fermentasi selesai.Makasihh

  2. Mas.. Ada sumber data buat menghitung kecernaan dan energi metabolis serta laju aliran pakan buat unggas ga
    soalnya saya butuh buat nyusun skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s